Rabu, 14 Oktober 2015

Tema 3 Sub tema 3



Tema 3 Sub tema 3 Pb 2
Kipas angin berputar karena baling-balingnya digerakkan oleh tenaga listrik. Banyak peralatan rumah tangga memanfaatkan energi listrik selain kipas angin. Pada peralatan rumah tangga itu, energi listrik diubah menjadi energi lain. Sebagai contoh pada kipas angin energi listrik diubah menjadi energi gerak.
Energi listrik dapat diubah menjadi berbagai energi. Lengkapi tabel berikut dengan menulliskan peralatan rumah tangga berdasarkan perubahan energi listrik yang terjadi.
No.
Perubahan Energi Listrik
Nama Peralatan Rumah Tangga
1.
Energi listrik menjadi energi gerak
Kipas Angin, Mixer, Blender
2.
Energi listrik menjadi energi panas
Setrika, Magic Jar, Pemanas Air
3.
Energi listrik menjadi energi bunyi
Radio, Tape Recorder, Televisi
4.
Energi listrik menjadi cahaya
Lampu, Senter, 
5.
Energi listrik menjadi gambar
Televisi, CD Player, 
Beberapa peralatan yang menggunakan listrik harus diimpor dari luar negeri, misalnya mesin-mesin berat untuk industri. Kegiatan impor ini merupakan perdagangan internasional dan melibatkan bangsa-bangsa di dunia. Ada berbagai manfaat perdagangan internasional, di antaranya dalam bidang ekonomi.
Manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia:
  • Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri. Banyak faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut di antaranya : Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
  • Memperoleh keuntungan dari spesialisasi. Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
  • Memperluas pasar dan menambah keuntungan. Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.
  • Transfer teknologi modern. Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang lebih modern.
Selain kepanasan, Beni juga merasa haus. Beni membuka lemari es, lalu mengambil air dingin. Saat menutup kembali lemari es itu, tanpa sengaja tangan Beni menyenggol hiasan magnet yang biasanya ditempelkan pada pintu lemari es.
Magnet sangat berguna dalam kehidupan, misalnya digunakan pada hiasan pintu lemari es. Ada lagi kegunaan lain magnet yang sangat berguna bagi manusia, yaitu untuk membuat kompas. Kompas adalah sebuah alat yang mampu menunjukkan arah. Mari kita membuat kompas sederhana.


Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu.
Sediakan bahan-bahan sebagai berikut.
  • Sebuah jarum jahit
  • Sebuah magnet batang
  • Selembar kertas mika berbentuk persegi ukuran 5 cm x 5 cm
  • Sebuah piring plastik
  • Air secukupnya
Lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Gosok jarum dengan magnet. Gosoklah searah minimal selama 3 menit, jarum akan berubah menjadi magnet.(arah gosokan harus searah agar teratur dan mengarah ke satu arah)
  2. Tusukkan jarum pada plastik mika ( hati-hati ketika menusukkan jarum ke kertas mika)
  3. Tuangkan air ke dalam piring.
  4. Letakkan hati-hati jarum dan mika pada permukaan air dalam piring.
  5. Apa yang terjadi dengan jarum tersebut?
  6. Cobalah memutar-mutar piring dan perhatikan arah penunjukan jarum. Jika arah penunjukan kompas selalu menunjuk arah yang sama, kamu telah mempunyai sebuah kompas sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar